Kungfu Masters Yip Man

Yip Man lahir pada tahun 1898 di kota Fushan di kabupaten Namhoi, Provinsi Kwangtung, di Tiongkok Selatan anak dari sebuah keluarga pedagang kaya. Keluarga Yip Man mengijinkan master Chan Wah Shun, seorang jago silat aliran Wing Chun, untuk hidup dan mengajar sekelompok kecil murid-murid di kuil keluarga, karena reputasi master Chan sebagai seorang pesilat yang menghalau pencuri dan penyamun yang menyerang bisnis keluarga. 
Yip Man sering mengamati latihan Chan Wah Shun dan murid-muridnya. Saat Yip Man berusia sekitar sembilan tahun, dia mendekati Chan dan meminta untuk diterima sebagai murid. Chan Wah Shun adalah saat itu berusia sekitar 60 tahun dan tidak ingin menerima murid lagi. 

Untuk mencegah dia, Chan mengatakan bahwa ia akan mengakui dirinya sebagai murid segera setelah dia bisa membayar uang iuran sebesar tiga tael perak. Yip Man kembali keesokan harinya dengan 300 keping perak, yang merupakan tabungan seluruh. Chan dan orangtua Yip Man melihat bahwa anak ini memiliki keinginan yang kuat untuk belajar Wing Chun, orang tuanya setuju untuk membiarkan dia belajar. Chan Wah Shun menerimanya pada saat itu, Yip Man pun menjadi murid yang terakhir Chan yang totalnya berjumlah 16 murid. 

Yip Man belajar dengan Chan Wah Shun selama empat tahun, sampai kematian master senior tersebut. Yip Man kemudian menghabiskan dua setengah tahun pelatihan dengan senior yang lain, Ng Chun. Ketika Yip berusia 16 tahun, orangtuanya mengirimnya ke Hong Kong untuk bersekolah di St Stephen's College. Di sana, ia segera bergabung dengan sebuah gang dari teman-teman sekelas yang suka untuk menawarkan dan menerima tantangan kung fu. Dia menyambut kesempatan itu untuk memperkenalkan Wing Chun hasil latihannya untuk ujian yang sebenarnya. 

Yip menyadari bahwa ia suka berkelahi. Dia akan menerima tantangan hanya dengan sedikit provokasi. Pada satu kesempatan seperti itu, setelah dikompori oleh seorang teman sekelas bernama Lai, Yip berani untuk pergi menantang seorang master kungfu tua yang bekerja di perusahaan sutra ayah Lai. Pria itu dengan baik, berusia 50-an dan sangat eksentrik, tetapi Lai bersikeras pria itu kung fu nya sangat hebat. 

Malam itu Yip Man menemui orang tersebut yang tinggal di perahu nelayan yang berlabuh dekat pelabuhan di Hong Kong Bay. Yip pertama-tama mengeluarkan seluruh jurus Siu Lim Tao dari Wing Chun. Setelah itu orang tua itu setuju untuk sebuah pertandingan, Yip segera menyerang orang tua itu dan mendapati dirinya tercebur ke perairan Hongkong Bay. Setelah berulang kali mencoba dan mengulangi serangan-serangan, tak ada satu pun yang mengenai sasaran. Yip Man pun akhirnya ingin belajar dari orang tua itu. Yip Man segera tahu bahwa lelaki tua itu adalah Leung Bik. Leung Bik menjelaskan perbedaan dalam Wing Chun yang diajarkannya dibandingkan gaya Shun Chan dan mulai mengajar Yip Man sebagai seorang murid. Yip Man dan Leung Bik belajar bersama selama dua setengah tahun. 

Yip Man kembali ke Fushan dan berkata kepada seniornya tentang lelaki tua itu bahwa ia telah bertemu. Ketika seniornya mengejek dia, Yip Man menantang mereka dan mengalahkan mereka dengan pengetahuan barunya. Yip Man tinggal di Fushan di mana ia terlibat dengan polisi dan mengangkat nama keluarga. Yip Man Pada tahun 1948 melarikan diri ke Hong Kong selama Revolusi. 

Di Hong Kong, menjadi seorang tunawisma dan tidak punya uang, Yip Man diberikan perlindungan dan bekerja di sebuah restoran. Yip Man mengamati instruktur (Leung Sheung) yang mengajar suatu kelas di restoran tersebut. Leung Sheung pada waktu itu seorang praktisi kung fu Bak Mei. Setelah mengamati kelas selama beberapa waktu, Yip Man mendemonstrasikan keterampilan Wing Chun nya pada Leung Sheung. Yip Man pun menjadikan Leung Sheung sebagai murid pertama di Hong Kong. Setelah ini Yip Man mulai mengajar Wing Chun ke Asosiasi Pekerja Restoran. Yip Man akhirnya pindah tempat pengajaran. 

Yip Man merupakan seorang pesilat yang terlatih dengan baik, murid-muridnya yang terkenal antara lain Wong Shun Leung, Grandmaster William Cheung, dan Bruce Lee. Setelah 20 tahun mengajar di Hong Kong, Yip Man meninggal pada 1972.

Related Posts:

0 Response to "Kungfu Masters Yip Man"

Post a Comment